Saturday 9 September 2017

Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP: (3) Belanda

Memasuki negara yang ketiga, yaitu Belanda. Pendidikan di Belanda menggunakan pendekatan interaktif yang berpusat pada mahasiswa. Karena berfokus kepada kerja sama tim, akan memudahkan mahasiswa nya berinteraksi dan bertemu dengan mahasiswa internasional lainnya. Belajar di Belanda memungkinkan teman-teman untuk mengembangkan wawasan dan membuka pola pikir pada dunia internasional. 

Gelar Pendidikan dan Sistem Penilaian di Belanda
Jenis gelar pendidikan di Belanda sama dengan Indonesia. Teman-teman akan memperoleh gelar Bachelor atau Strata satu (S1), serta gelar Master setelah menyelesaikan tahap Strata dua (S2). Kemudian jika ingin mendapatkan gelar Ph.D, teman-teman harus menempuhnya di universitas riset.

Sistem penilaiannya juga tidak ada bedanya dengan Indonesia. Di Belanda system sepuluh poin digunakan dalm pendidikan menengah dan tinggi. Nilai 10 adalah nilai tertinggi dan 6 adalah nilai minimum kelulusan. 

Bahasa dan Cuaca
Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, sebagian besar orang juga berbicara bahasa Inggris dan seringkali bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Prancis. Hal ini bisa memicu teman-teman untuk belajar ragam bahasa lain (selain Inggris) agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat, terutama untuk bahasa Belanda sendiri.

Dalam bahasa Belanda dikenal istilah Wisselvallig weer, yaitu cuaca yang tidak menentu. Dalam hal ini, iklim Belanda dapat dikatakan tidak menentu karena arah angin menuju barat daya. Oleh sebab itu, jaket atau payung lipat sebaiknya dimasukkan kedalam daftar barang yang wajib dibawa.

Makanan dan Kebiasaan
Di Belanda, sarapan pada umumnya disediakan dalam bentuk roti dengan keju, daging iris dingin atau selai. Kebanyakan roti isi untuk makan siang, terkadang dengan sup atau salad. Makan malam biasanya merupakan paduan kentang dan sayur dengan daging ikan. So, teman-teman harus siap-siap kangen makanan khas Indonesia ya ketika sudah di Belanda nanti. Tapi, jika teman-teman benar-benar kangen masakan Indonesia, di Belanda banyak kok makanan khas Indonesia yang katanya merupakan dampak penjajahan zaman dahulu, sehingga masyarakat Belanda juga membawa serta resep maupun makanan tersebut ke negara asalnya.

Belanda ini sangat terkenal dengan keberagamannya. Mereka biasanya tidak terlalu formal dalam hal komunikasi. Misalnya saja ketika kita berkenalan dengan orang yang lebih tua, biasanya mereka hanya akan meminta untuk memanggil nama saja. Tanpa ada tambahan meneer/mijnheer (bapak) atau mevrouw (ibu).

Ketika pertama kali berkenalan sebaiknya ajukan pertanyaan-pertanyaan umum seperti nama, tempat tinggal, asal,dan lain sebagainya. Biasanya setelah perkenalan mereka akan mengundang datang kerumahnya untuk sekedar koffie drinken atau makan-makan. Jangan lupa bawa oleh-oleh ringan ketika mengunjungi mereka seperti bunga, coklat, dll.

Ituah tadi Panduan untuk Kuliah di Negara ke-3 dari 10 Negara terfavorit LPDP. Lihat juga Panduan Negara pertamanya yaitu Inggris pada link dibawah ini:


Lalu juga Jeman pada link dibawah ini

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...