Saturday 9 September 2017

Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP: (6) Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan tujuan pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Mereka berbondong-bondong untuk datang ke Amerika dan menuntut ilmu disana. Salah satu faktor yang membuat Amerika begitu banyak diminati oleh pelajar dari seluruh dunia adalah karena sistem pendidikannya yang merupakan sistem pendidikan terbaik di dunia.



Selain itu, mereka juga memiliki banyak institusi pendidikan tinggi yang memberikan program belajar. Program belajar yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi di Amerika bersifat fleksibel dan sangat disesuaikan dengan kebutuhan dari mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa internasional yang belajar di Amerika ini bisa memilih sendiri kombinasi program studi yang akan mereka ambil. Jadi, mereka bisa mengkombinasikan studi dengan minat dan bakat mereka. Di samping itu mereka juga memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan pada program studi yang telah diambil.

Amerika Serikat juga memiliki system pendidikan yang memberikan kesempatan lebar bagi para mahasiswa Internasional untuk bisa melakukan penelitian sekaligus mempraktekkan secara langsung ilmu yang telah didapatkan. Dari semua keunggulan yang dimiliki oleh pendidikan tinggi di  Amerika Serikat, Amerika Serikat kemudian melahirkan banyak ahli di bidang medis, sains, dan teknologi. Sistem pendidikan di Amerika Serikat mengenal adanya universitas dan kolese. Universitas dan Kolese merup-akan lembaga pendidikan tinggi yang sama-sama memberikan gelar baik swasta atau negeri. Perbedaannya adalah universitas memiliki jumlah mahasiswa yang lebih banyak dari kolese dan bisa memberikan gelar S1, S2, dan S3 sedangkan kolese hanya mampu memberikan gelar S1 saja.

Dari segi kualifikasi pendidikan, tentunya tidak perlu diragukan lagi bahwa Amerika Serikat memiliki kualifikasi pendidikan yang diakui oleh semua negara di dunia, dan ini telah diakui secara internasional dan dibuktikan dengan adanya beberapa nama universitas di Amerika Serikat yang selalu saja masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Karena itulah bisa dikatakan sangat sulit untuk bisa menmbus masuk ke universitas-universitas terbaik di Amerika Serikat. Tetapi kesulitan ini juga sebanding dengan kualitas pendidikan yang akan teman-teman dapatkan dan pengakuan dunia atas pendidikan tersebut. 

Amerika Serikat juga menerapkan sistem pendidikan yang bukan hanya sebatas teori dan bisa dipelajari di dalam kelas. Disana kalian juga akan mengenal adanya kegiatan belajar di luar kelas. Pendidikan di Amerika Serikat tidak hanya memandang pentingnya belajar teori di dalam kelas tetapi juga di luar kelas lewat kegiatan ekstra kurikuler. Maka dari itu, kegiatan ekstra kurikuler di Amerika Serikat sangat dihargai dan diakui. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar kelas karena hal ini akan membantu dalam bersosialisasi dan meningkatkan kemampuan diri.

Bahasa dan Cuaca
Bahasa sehari-hari orang Amerika sudah pastinya menggunakan bahasa Inggris. Sebelum berangkat ke Amerika sebaiknya teman-teman sudah sangat lancar dalam berkomunikasi English agar lebih cepat beradaptasi dengan warga disana.

Perbedaan kondisi alam Amerika dengan Indonesia merupakan tantangan tersendiri ketika harus menuntut ilmu disana. Di Amerika, semua jenis iklim bisa ditemukan, ini tergantung di kota mana kita stay, karena wilayah Amerika sangat luas, setiap kota mempunyai waktu dan termperatur suhu yang berbeda-beda. Ada empat iklim yang ada di Amerika, yaitu:

  1. Iklim Kutub, ini terjadi di daerah paling utara.Ciri utama iklim ini adalah musim dingin yang sangat panjang dan musim panas yang sangat pendek
  2. Iklim Subtropis, ini sama dengan iklim di beberapa negara di Eropa dan Australia, yaitu ada 4 musim (musim dingin, panas, semi, dan gugur)
  3. Iklim Tropis, iklim ini melanda sebagian besar Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iklim ini ditandai dengan curah hujan yang tinggi, kelembapan tinggi dan suhu panas sepanjang tahun.
  4. Iklim Gurun, mempunyai ciri perubahan suhu yang selalu berubah dengan cepat dan curah hujan yang rendah. Daerah yang mengalami iklim gurun berada dibalik pegunungan. Amerika di bagian barat dilewati angin barat, sehingga beriklim laut yang berhawa sedang. 

Maka dari itu teman-teman harus tau tinggal di daerah mana dan bagaimana kondisi iklim serta cuaca di daerah tersebut. Dengan mengetahui kondisi cuaca di Amerika akan membuat kalian mempertimbangkan segalanya, termasuk kesehatan dan persiapan lainnya.
Makanan dan Kebiasaan
Ketika awal-awal mencicipi makanan di Amerika, kita akan terasa aneh dan hambar karena memang makanan Amerika sangat berbeda dengan makanan di negara kita, namun lama kelamaan pasti juga akan terbiasa dengan makanan disana. Untuk mencari makanan halal di Amerika kita harus pintar-pintar memilih makanan yang dikonsumsi setiap harinnya.

Kuliner di Amerika serikat sangat popular di berbagai negara dunia. Itu karena pengaruh dari berbagai imigran dari Spanyol, Inggris, Prancis, Afrika, dan Karibia. Selain itu kuliner Amerika juga merupakan salah satu bentuk kuliner terkaya di dunia, dan banyak makanan Amerika yang terkenal sampai ke berbagai belahan dunia berasal dari Amerika.

Amerika terkenal dengan makanannya yang lezat dan cepat saji, ini membuat masyarakat yang hidup di negara Paman Sam ini menyukai makanan siap saji. Makanan popular di Amerika itu diantaranya adalah kentang goring, burger, pizza, serta hotdog.

Orang Amerika biasanya cenderung blak-blakan dalam menyampaikan sesuatu, mereka tidak suka basa basi. Mereka cenderung terbuka dan apa adanya. Jadi jangan tersinggung ketika melakukan percakapan dengan mereka. Selain itu teman-teman juga perlu untuk mengikuti gaya percakapan mereka, jika mereka tidak suka basa-basi, sebaiknya menyampaikan sesuatu to the point.

Kemudian biasakanlah tersenyum dan memanggil seseorang menggunakan nama pertama mereka. Kata Hello digunakan untuk memulai percakapan dan jabat tangan merupakan hal yang wajar.

Untuk masalah pergaulan, pergaulan bebas adalah perbuatan menyimpang yang tidak biasanya dilakukan oleh orang timur. Di Amerika teman-teman pasti akan sering menemukan anak muda dengan pergaulan bebasnya. Seks bebas dan minum minuman beralkohol sangat mudah ditemui disana. Tetaplah berpegang teguh pada budaya dan nilai-nilai keagamaan yang mengalir dalam diri, jangan sampai kita terpengaruh dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip yang sudah kita terapkan. 

======================================================================

Sumber: Bonus buku JAMU LPDP dari Inspirabook

Teman-teman mau tips-tips berguna lainnya seputar beasiswa LPDP? Segera pesan melalui Official Account Line Generasi Belajar dengan klik link dibawah ini ya:

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...